Jumat, 20 Juli 2012

Merantaulah!!

Yah.. menemukan catatan, dimana catatan itu telah hilang lama sekali. Hingga akhirnya aku temukan kembali. Aku rasa aku menulis catatan ini sebelum aku SMA. Disaat aku duduk di bangku SMP. Kemudian aku terawang jauh. Dimana dari dulu aku sudah berencana untuk merantau. *jujur aku lupa dengan cita-citaku yang ini*. Ada senyuman kecil dari wajahku yang muncul serta teringat diriku dengan nasihat temanku yang lagi

Kalaupun buat setahun ke depan aku tidak bisa untuk merantau. Buatku gak masalah. Mungkin suatu saat nantik. Di lain kesempatan. Intinya aku bakal merantau. Aku yakin itu.

Di Catatanku tertulis tentang nasihat dari Imam Syafi'i. Dimana aku sendiri lupa mendapatkan dari mana nasehat itu.

Orang berilmu dan beradah tidak akan diam di kampung halaman
Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang
Merantaulah, Kau akan mendapat pengganti dari kerabat dan kawan
Berlelah-lelahlah, masnisnya hidup terasa setelah lelah berjuang


Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan
Jika mengalir jernih, Jika tidak akan keruh menggenang


Singa jika ditinggalkan sarang tak akan dapat mangsa 
Anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran


Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam
Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang


Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum digali dari tambang 
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa, jika di dalam hutan

Imam Syafi'i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar