Senin, 06 Desember 2010

Jalani Hidup dengan Cinta

Kejenuhan pada diri saya tidak hilang-hilang. Dan aku putuskan untuk pergi ke Toko Buku Halim Jaya. Disana saya sudah akrab dengan salah satu penjaganya. Namanya Mbak Ulfah. Mbak Ulfah, beliau sudah aku anggap seperti mbak saya sendiri. 

Kita berdua sering sekali sharing masalah ilmu, keluarga dan banyak lainnya…hehe
Ya disini awalnya mbaknya bercerita mengenai masalahnya, tetapi masalahnya Rahasia :p
Lah lalu tiba-tiba aku mengungkapkan unek-unekku dan aku larut akhirnya aku menangis di pundak beliau. Beliau menasehatiku dengan tutur kata yang sangat lembut dan sopan. Enak kalo aku dengar.

Aku cerita banyak tentang dakwah di sekolah dan teman-temanku yang seperjuangngan denganku. Sampai akhirnya aku bercerita tentang hal ketertarikan dengan lawan jenis. Mbak Ulfah tetap menjawab dengan santai amat nyantai. Malah mbaknya bilang aku lucu…hehe. Mbaknya bilang kata-kata yang masih aku ingat:

“ya memang kalo masalh itu agak sulit. Setidaknya kamu harus menundukkan pandangan kalo berjumpa dengan orangnya. Tapi tetap biasa aja. Harapannya kalo benar kita mencintai sesorang karena Allah ya disyukuri saja.  Jalani hidup dengan cinta.”

Ya dari hasil sharingku dengan mbaknya tadi. Membuat fikiranku agak lega. Karena saya rasa mbaknya lebih berpengalaman. Dan sifatnya yang ke ibuan yang membuat aku nyaman dekanya. Hehe. Dari beliau juga sekarang aku merenung agar menjalani hidup ini dengan cinta.

cinta kepada Allah
cinta kepada Rasulullah
cinta kepada Makhluk.

Cinta Allah 

Cinta Allah kepada makhluk dan cinta makhluk kepada Allah adalah cinta yang paling tunggi. Cinta kepada Allah merupakan karakter dari seorang mu'min. Allah berfirman: 

"Dan diantara manusia ada yang menyembah-nyembah Tuhan selain Allah. mereka mencinntainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah."(Surah Al-Baqarah:165)

Cinta Rasulullah
  
Rasulullah adalah orang yang paling cinta kepada umatnya. Maka dari itu Rasulullah harus menjadi manusia yang paling dicintai. kedudukan Rasulullah dicintai berada di bawah Allah. Rasulullah berkata kepada Umar bin Al-Khaththab:

"Demi yang diriku yang berada ditanganNya. Belum sempurna iman anda sampai aku menajdi orang yang lebih anda cintai dari pada dirimu sendiri." (HR Al-Bukhari no: 6257)

Cinta Makhluk

Cinta kepada makhluk sudah naluri setiap insan. Allah tidak melarang cinta kepada makhluk. Tetapi haruslah tetap atas dasar Allah dan tidak boleh melanggar syariat. Rasulullah bersabda:

"Cintailah orang yang ingin anda cintai sekedarnya saja, sebab suatu hari bisa jadi membenci anda. Dan bencilah seseorang sekedarnya saja, sebab bisa jadi dia menjadi orang yang anda cintai suatu hari."(dishahihkan Al-Muhaddits Al-Albani dishahi Al-Jami' no 178)

Intinya semoga hidup yang kita jalani ini selalu berjalan dengan adanya Cinta :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar